Aksi Menantang Korem 081/DSJ Hijaukan Kembali Gunung Lawu

Magetan, – Bersama puluhan anggotanya, Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Rama Pratama melakukan penghijauan dengan menanam berbagai tanaman produktif di kawasan Gunung Lawu, Magetan, Sabtu (3/8/2024). Tak hanya dengan menanam bibit pohon, penghijauan yang dilakukan juga menggunakan sistem seedball.

Untuk Korem 081/DSJ sendiri, aksi yang dilakukan merupakan yang kesekian kalinya, semenjak Gunung Lawu mengalami kebakaran hebat setahun lalu.

Bahkan, aksi yang dilakukan terbilang cukup menantang, pasalnya harus mendaki gunung yang memiliki ketinggian 3.265 MDPL.

Penghijauan yang dilakukan bertujuan untuk menjaga kelestarian alam dan ekosistem yang ada di dalamnya.

“Aksi (penghijuan) ini sebagai langkah untuk mengembalikan atau menghijaukan kembali kawasan Gunung Lawu dan juga ekosistemnya,” kata Danrem di lokasi.

Terlebih sebutnya, banyak masyarakat yang selama ini menggantungkan hidupnya dari hasil hutan Gunung Lawu untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-sehari.

Melihat kondisi tersebut, ia pun menegaskan bahwa, upaya penghijauan seperti itu akan dilakukan secara masif dan terus menerus.

Pamen TNI AD abituren Akmil 1998 itu mengungkapkan, penghijauan itu juga sebagai langkah untuk meminimalisir terjadinya bencana alam.

“Kalau lahan dibiarkan gundul, tentunya ancaman banjir dan tanah longsor ada di depan mata. Bisa dikatakan penghijaun yang kami lakukan ini juga sebagai upaya pencegahan terhadap bencana alam tersebut,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *