Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap DBD, Koramil 0801/01 Pacitan Lakukan Upaya Fogging

Pacitan – Memasuki masa pancaroba, kewaspadaan terhadap nyamuk penular penyakit Demam Berdarah Dengue (Aedes aegypti) harus senantiasa ditingkatkan.

Sebagai langkah antisipatif Koramil 0801/01 Pacitan Kodim 0801/Pacitan bekerjasama dengan Puskesmas setempat melakukan Fogging, menyasar di Dusun Krajan, Desa Mentoro, Kec./Kab. Pacitan, Rabu (05/06/2024).

Adapun sasaran fogging kali ini meliputi pemukiman warga, bangunan sekolah, serta tempat-tempat yang disinyalir berpotensi menjadi sarang nyamuk penyebab demam berdarah.

Sementara itu dikatakan Sertu Imam, bahwa Fogging atau pengasapan dilakukan sebagai salah metode pengendalian faktor penyebab penyakit DBD, yaitu nyamuk Aedes aegypti. 

“Kami percaya Ini adalah cara efektif untuk memutus rantai penyebaran wabah penyakit DBD, yakni ketika populasi nyamuk dewasa sedang tinggi dapat dikendalikan”, ujarnya di sela-sela kegiatannya mendampingi Fogging.

Ia juga menegaskan, bahwa Fogging harus disertai dengan upaya pencegahan penyakit DBD lainnya agar rantai penyebaran demam berdarah benar-benar terhenti. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan aktivitas 3M Plus.

“Selalu jaga kebersihan lingkungan, seperti rutin membersihkan tempat yang menjadi penampungan air, menutup secara rapat tempat yang memungkinkan menjadi perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti, serta mengubur barang bekas agar tidak menjadi sarang nyamuk”, ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *