Tingkatkan Kerjasama, Danramil 0801/12 Pringkuku Hadiri Peresmian Satuan Radar 221 Unit Pacitan

Pacitan – Danramil 0801/12 Pringkuku Kodim 0801/Pacitan Kapten Arh Budi Eko Prayanto menghadiri peresmian Satuan Radar 221 Unit Pacitan yang berlangsung di Lapangan Tembak TNI AU Dusun Gesingan, Desa Dadapan, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Kamis (01/02/2024).

Kegiatan peresmian Satuan Radar 221 Unit Pacitan di pimpin langsung oleh Kepala Satuan Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fajar Prasetyo S E, M.P.P serta dihadiri Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, dan para Pejabat Daerah.

Dalam sambutannya KASAU menyampaikan, bahwa kebutuhan untuk memodernisasi alutsista khususnya di bidang pertahanan udara sudah menjadi suatu bagian penting dari sistem pertahanan nasional.

Satuan Radar 221 Unit Radar Pacitan merupakan alusista sistem pertahanan nasional berjenis medium range Leonardo RAT 13 DL/M, sebagai alat pertahanan juga digunakan untuk latihan operasi udara.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertahanan RI dalam rangka pengadaan Radar ini. Kemudian, saya titipkan satuan ini kepada Bupati Pacitan beserta Forkopimda” katanya saat acara peresmian.

Ia juga berpesan kepada Komandan Unit Radar Pacitan, selaku warga baru untuk segera bersosialisasi dan mengenalkan bahwa perangkat alusista TNI AU ini sangat penting dan vital.

“Pengadaan Radar medium yang sudah ditempatkan di Pacitan ini adalah bagian dari modernisasi bersama Leonardo, dan ini suatu kebanggaan bagi kita semua. Harapannya, animo masyarakat semakin besar untuk bergabung dengan TNI AU”, tandasnya.

Sementara itu, Danramil 0801/12 Pringkuku berharap dengan diresmikannya Satuan Radar 221 Unit Pacitan, dapat meningkatkan hubungan kerjasama yang baik guna mendukung terwujudnya kondusifitas di wilayah Pacitan.

“Dengan beroperasinya Satuan Radar 221 Unit Pacitan, mudah mudahan dapat berkolaborasi dan bersinergi dalam menjaga kedaulatan wilayah NKRI dari segala bentuk ancaman baik dari darat, laut dan udara”, ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *