Batalyon Tank Amfibi 2 Marinir Persiapkan Ranpur Latgabma Super Garuda Shield 2023

Surabaya. Dalam rangka Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield (SGS) tahun 2023, Batalyon Tank Amfibi 2 Marinir melaksanakan uji arung kendaraan tempur Tank BMP-3F dan PT 76M bertempat di kolam rampa Kestrian Marinir Soetedi Senaputra, Karangpilang, Surabaya. Kamis (24/08/2023).

Kegiatan dimulai dengan penyiapan Ranpur terlebih dahulu oleh kru material masing-masing, diantaranya adalah pengecekan sistem kemudi darat laut, transmisi, kelistrikan, pengapian, kekencangan rantai, water jet propeler, kekedapan dan pengecekan berbagai macam jenis pompa kuras pada setiap Ranpur. Mengingat hal ini merupakan SOP yang dilakukan sebelum pengoperasian kendaraan tempur, sehingga keamanan material beserta kru dapat terjaga.

Super Garuda Shield (SGS) merupakan latihan gabungan bersama antara US Indopacom dengan Tentara Nasional Indonesia yang diikuti beberapa negara di Kawasan Asia Pasifik yang melibatkan tiga matra angkatan. Beberapa negara yang akan mengikuti antara lain; United States of Amerika, Australia, Jepang, Singapura dan Inggris.

Komandan Batalyon Tank Amfibi 2 Marinir Letnan Kolonel Marinir Alfredo Yowel Antaribaba M.Tr.Opsla., menekankan, “Persiapkan personel dan material dalam rangka Latihan Gabungan Besama Super Garuda Shield 2023 sebaik-baiknya, dengan melaksanakan prosedur tahapan pemeriksaan sesuai buku petunjuk mekanis”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *