Prajurit Batalyon Kapa 2 Marinir Uji Kesehatan Jiwa

Surabaya. Guna mengetahui kondisi kesehatan jiwa (Keswa), prajurit Ksatria Perkasa (Yonkapa 2 Mar) mengikuti uji kesehatan jiwa yang dilaksanakan di Balai Prajurit Aris Haryanto Yonranratfib 2 Mar, Semarung, Ujung Surabaya. Rabu (05/03/2023).

Tujuan dilakukan Uji Keswa yaitu untuk mengetahui sejauh mana kepribadian psikopatologi prajurit yang bersangkutan, apakah ada atau tidak pikiran dan perasaan yang berbeda secara umumnya, seperti perasaan emosi, cemas atau stres yang berlebihan. Selain itu juga sebagai syarat administrasi prajurit dalam mengajukan usulan kenaikan pangkat dan pendidikan lanjutan karier prajurit serta kelengkapan Satgas, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Komandan Batalyon Kapa 2 Marinir Mayor Mar Imam Wahyudi, M.Tr.Opsla., menyampaikan, “Banyak manfaat uji pemeriksaan kesehatan kejiwaan bagi prajurit, salah satunya sebagai sarana deteksi dini terhadap mental prajurit, dengan tes Keswa kita dapat mengetahui kondisi kejiwaan masing masing prajurit yang sesungguhnya, karena kesehatan jiwa sangat mendukung kelancaran tugas pokok prajurit dalam mengemban berbagai kegiatan maupun penugasan,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *