Upaya Cegah Stunting, Danramil 0801/02 Kebonagung Hadiri Kegiatan Orientasi Keluarga Pendamping

Pacitan – Pemerintah daerah Kab. Pacitan saat ini tengah berupaya melakukan percepatan penurunan stunting melalui program pendampingan keluarga. Program ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada keluarga dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak serta mencegah terjadinya stunting.

Dalam rangka mendukung program tersebut, Kapten Inf Noroodin B.A. Komandan Koramil 0801/02 Kebonagung Kodim 0801/Pacitan menghadiri kegiatan orientasi pendamping keluarga, bertempat di Balai Desa Purwoasri, Kec. Kebonagung, Kab. Pacitan, Selasa (21/03/2023).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kab. Pacitan, dimana para peserta terdiri dari Bidan Desa, Kader TP PKK Desa, Kader Penyuluh KB dan Kader Posyandu Desa Se-Kecamatan Kebonagung.

Dalam pengarahannya Komandan Koramil 0801/02 Kebonagung menyampaikan, bahwa masalah stunting merupakan isu strategis nasional, melalui pelatihan ini harapannya tim pendamping keluarga akan menjadi ujung tombak dalam percepatan penurunan angka stunting di wilayah.

“Dengan adanya orientasi pendamping keluarga diharapkan nantinya dapat turun langsung ke lapangan, sehingga mengetahui permasalahan yang ada di tingkat bawah hingga level keluarga”, kata Danramil saat memberikan pengarahan kepada para peserta.

Kemudian, ia tambahkan dengan memberikan pemahaman, edukasi, dan pendampingan atau konseling kepada keluarga, mulai dari tingkat remaja, calon pengantin, calon pasangan usia subur, dan ibu hamil serta ibu menyusui, sehingga mereka akan memahami dan dapat merencanakan kehidupan berumah tangga yang sejahtera.

“Tugas dari tim pendamping keluarga nantinya sebagai pendamping, mengedukasi, dan melaporkan. Sasarannya, yakni calon pengantin, ibu hamil, pasca persalinan dan balita. Melalui kegiatan ini harapannya kita dapat mencetak generasi muda yang berkualitas, serta tidak ada lagi kasus stunting baru khususnya di Kab. Pacitan” ungkap Danramil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *