Pasca Terjadi Longsor, Babinsa Koramil 0801/04 Tegalombo Bantu Evakuasi Material Longsor

Pacitan – Akibat hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kec. Tegalombo Kab. Pacitan, sehingga mengakibatkan tebing setinggi 20 meter dan Lebar 10 M mengalami longsor, tepatnya berada di Dusun Semburan, Desa Ploso, Kec Tegalombo Kab Pacitan, Senin (13/02/2023).

Akibat kejadian tersebut, sehingga jalan utama penghubung antara Kab. Pacitan – Kab. Ponorogo, sempat terganggu dan arus lalu lintas mengalami kemacetan akibat tertutup material longsor tanah bercampur batu.

Mendapat informasi bahwa telah terjadi longsor Serda Alfiyadi Babinsa Koramil 0801/04 Tegalombo Kodim 0801/Pacitan gerak cepat mendatangi tempat kejadian, untuk mengetahui langsung kondisi di lapangan, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Setelah berada di lokasi kejadian, Babinsa bersama Babinkamtibnas dan masyarakat, melakukan gotong royong membersihkan material longsoran dengan dibantu satu unit alat berat dari Dinas Bina Marga, agar akses jalan segera dapat dilewati pengguna jalan.

Berkat kerja keras dari semua pihak kini jalan sudah dapat dilewati baik roda dua maupun roda empat, namun harus tetap memperhatikan faktor keamanan karena saat ini cuaca di wilayah Kab. Pacitan dan sekitarnya kurang bersahabat.

Saat dikonfirmasi awak media di lapangan, Babinsa Koramil 0801/04 Tegalombo, membenarkan bahwa telah terjadi tanah longsor di wilayah teritorialnya, akibat hujan dengan intensitas tinggi, sehingga menutup jalan utama Pacitan – Ponorogo dan arus lalu lintas sempat terganggu.

“Kondisi geografis di wilayah Kec. Tegalombo, sebagian besar memang merupakan wilayah perbukitan, jadi potensi kerawanan longsor sangat memungkinkan untuk terjadi. Untuk itu, saya menghimbau kepada pengguna jalan untuk selalu waspada dan berhati-hati, apalagi saat hujan deras”, kata Babinsa saat berada di lokasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *