Pastikan Berjalan Lancar, Anggota Koramil Sine Dampingi Pelaksanaan Posyandu Di Wilayah Binaannya

Ngawi – Untuk memastikan kegiatan bisa berjalan dengan aman dan lancar, anggota Koramil Sine Kodim 0805/Ngawi Serda Yusuf melaksanakan pendampingan kegiatan Posyandu bertempat di Desa Sumberejo Kecamatan Sine,Sabtu (14/01/2023).

Peran posyandu di tengah masyarakat sangatlah besar meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan posyandu ini juga bertujuan untuk mencegah Stunting pada anak balita.

Serda Yusuf menyampaikan kegiatan posyandu ini dilaksanakan merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan posyandu ini berbeda dengan puskesmas yang memberikan pelayanan setiap hari, posyandu hanya melayani setidaknya 1 kali dalam sebulan, ucapnya.

Lokasi posyandu umumnya mudah dijangkau masyarakat, mulai dari lingkungan desa atau kelurahan hingga RT dan RW.

Jenis pelayanan yang diselenggarakan posyandu untuk balita mencakup penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala anak, evaluasi tumbuh kembang, serta penyuluhan dan konseling tumbuh kembang. Hasil pemeriksaan tersebut kemudian dicatat di dalam buku KIA atau KMS.

Sementara itu, kegiatan pengembangan posyandu mencakup Bina Keluarga Balita (BKB), Tanaman Obat Keluarga (TOGA), Bina Keluarga Lansia (BKL), dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), ucap Serda Yusuf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *