Gerak Cepat, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Bersama Warga Bersihkan Tanah Longsor

Pacitan – Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Kab.Pacitan, Jawa Timur, sejak pukul dini hari dengan curah hujan sedang, telah mengakibatkan dibeberapa titik terjadi tanah longsor.

Salah satunya material longsor batu dan tanah sepanjang 6 meter menimpa rumah Bpk Misraji yang berada di Dusun Ngasem, RT 03 RW 02, Desa Bolosingo Kec. Pacitan Kab. Pacitan, Selasa (18/10/2022).

Tanah longsor tersebut disebabkan karena rumah terletak di bawah lereng bukit, sehingga apabila terjadi hujan tanah mudah longsor.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, akan tetapi dapur rumah yang terbuat dari kalsibot jebol dan mengalami kerusakan hingga ditafsir mengalami kerugian sekitar 5 juta rupiah.

Dengan adanya tanah longsor tersebut, sehingga Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Kodim 0801/Pacitan bersama masyarakat sekitar melakukan gotong royong membersihkan material longsor yang menimpa dapur rumah warga dengan alat seadanya.

Dalam keterangannya di lapangan, Sertu Agus Sukamto Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan mengatakan bahwa, sebagai aparat kewilayahan harus tanggap terhadap bencana alam yang terjadi di wilayah binaannya, mengingat Kab. Pacitan sangat rentan terjadi bencana.

“Kami setiap saat selalu siaga memantau wilayah, apalagi saat terjadi hujan deras.Sehingga apabila mendapat informasi bahwa telah terjadi tanah longsor, kami bergerak cepat melakukan penanganan”, ungkap Babinsa.

Mengingat Kab. Pacitan sebagian besar merupakan wilayah perbukitan sehingga rawan terjadi bencana alam, Babinsa Koramil Pacitan juga menghimbau kepada warga agar selalu berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan saat terjadi hujan.

“Selalu tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan sebagai langkah antisipasi bencana alam.Utamakan keselamatan perorangan dan keluarga saat terjadi bencana alam, salah satunya dengan menyiapkan rencana penyelamatan dan pastikan jalur evakuasi, guna menghindari korban jiwa”, tutur Babinsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *