Cegah PMK, Babinsa Koramil 0806/05 Kampak Bersama Tim Gabungan Periksa Ternak Sapi Warga

Trenggalek – Tim gabungan TNI – Pori dan Dinas Kesehatan Peternakan Hewan terus melakukan pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah Kabupaten Trenggalek.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Senden Koramil 0806/05 Kampak jajaran Kodim 0806/Trenggalek Sertu Joko Wiyono bersama Bhabinkamtibmas Polsek Gandusari melakukan pendampingan Dinas Peternakan Trenggalek melakukan pemeriksaan PMK pada hewan ternak sapi milik salah satu warga Desa Senden, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek, Jumat (22/07/2022).

Saat dikonfirmasi Sertu Joko mengatakan, Pihaknya bersama tim gabungan terus berupaya mencegah penyebaran PMK, salah satunya dengan rutin melakukan pendampingan Dinas Kesehatan Peternakan Trenggalek untuk pengecekan terhadap hewan ternak milik warga di desa binaan.

“Kami bersama tim gabungan akan terus turun langsung memantau kesehatan sapi di sejumlah peternakan yang ada di desa binaan. Tujuannya untuk mencegah virus PMK dengan melihat langsung hewan peternak kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit virus PMK,” terangnya.

Sertu Joko juga berpesan kepada para peternak agar dapat selalu menjaga kesehatan dan kebersihan hewan ternaknya. Salah satunya, dengan memberikan pakan yang teratur dan menjaga kebersihan kendang.

“Dari hasil pengawasan dan pengecekan hewan ternak hari ini, semua hewan ternak sapi semuanya dalam kondisi sehat dan belum ditemukan adanya tanda-tanda virus PMK,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *