Cegah PMK, Babinsa Koramil 0801/11 Donorojo Perketat Penjagaaan Pos Penyekatan

Pacitan – Disaat menjelang hari raya Idul Adha Pemerintah masih terus berupaya dalam pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), yang tengah mewabah di berbagai daerah, khususnya di Kab. Pacitan.

Salah satu upaya yang sedang dilakukan saat sekarang ini yaitu dengan melakukan pengecekan kesehatan serta vaksinasi terhadap hewan ternak berkaki belah seperti sapi dan kambing oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

Upaya lain yang tengah dilakukan pemerintah yaitu dengan mendirikan pos penyekatan di beberapa titik yang memungkinkan hewan ternak dari daerah lain masuk ke Kab. Pacitan.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 0801/11 Donorojo Kodim 0801/Pacitan yaitu, melaksanakan penyekatan di jalur jalan raya Glonggong Kec. Donorojo Kab. Pacitan, Jumat (08/07/2022).

Dalam kegiatan penyekatan tersebut melibatkan petugas gabungan dari instansi terkait diantaranya Babinsa, Bhabinkamtibmas, anggota BPBD, serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

Saat dikonfirmasi awak media di kantornya, Danramil 0801/11 Donorojo, Kapten Arm Agus Wahyono, menyampaikan bahwa penyekatan ini dilakukan bertujuan untuk mengantisipasi keluar masuknya pengiriman hewan ternak dari daerah lain masuk ke wilayah Kab. Pacitan.

“Para petugas di lapangan harus ketat dan teliti terhadap setiap mobil yang melintas, apabila ditemui kendaraan bermuatan hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing dll, untuk di arahkan ke posko pemeriksaan”, jelas Danramil.

“Apabila dalam pemeriksaan tersebut sopir tidak dapat menunjukan surat keterangan sehat dari Dinas terkait, maka kendaraan tersebut harus putar balik”, ujar Danramil.

“Harapannya hewan ternak yang diperjual belikan di pasaran terhindar dari wabah (PMK)”, pungkas Danramil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *