Bukti Kedekatan Babinsa, Koramil 1703-01/Enarotali Bantu Bangun Rumah Milik Warga

Paniai, Babinsa Koramil 1703-01/Enarotali, Serka Alfryan Teguh Prakoso bersama 9 Babinsa lainnya melaksanakan karya bakti membantu pembangunan rumah milik salah satu warga di desa Binaan yaitu rumah Bapak Albius Nawipa yang beralamat di Kampung Dupia, Distrik Paniai timur, Kabupaten Paniai, Selasa (15/03/2022).

Karya bakti tersebut merupakan implementasi dari salah satu metode dalam pembinaan teritorial yang harus dilaksanakan sepanjang waktu.

Kehadiran TNI dalam Karya Bakti ini adalah bagian dari bentuk kepedulian terhadap warga di Desa binaan, disamping memiliki nilai program, tentu kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai bagian dari Ibadah.

Selain itu juga, karya bakti tersebut merupakan sarana untuk meningkatkan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan Tokoh masyarakat dalam pemberdayaan Wilayah Binaan. Hal itu dilakukan, agar ketahanan wilayah pada aspek darat semakin tangguh.

“Karya bakti juga sebagai tolak ukur Kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Sebagai garda terdepan, sekaligus benteng terakhir dalam menjaga Pertahanan Negara TNI tidak terlepas dari dukungan Rakyat,” kata Serka Alfriyan Teguh Prakoso.

Sementara, Bapak Albius Nawipa selaku pemilik rumah menyampaikan berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh personel Babinsa di jajaran Koramil 1703-01/Enarotali.

“Tentunya perhatian dan bantuan TNI khususnya babinsa di kampung Dupia ini sangat meringankan pekerjaan kami, Semoga kebersamaan TNI dengan rakyat terus terjalin dan ketulusan dan kebaikan dari para personel mendapat berkah,” ungkapnya.

Danramil 1703-01/Enarotali melalui Wadanramil Letda Inf Alpius Gobai memberikan penekanan dalam apel pengecekan personil sebelum melaksanakan kegiatan Karya bakti, Wadanramil mengatakan, “Disetiap kegiatan sehari hari, perjalanan, pekerjaan diluar rumah/kantor yang anggota laksanakan harus dalam hubungan berkelompok minimal 10 orang dan di dalam kelompok tersebut harus ada yang bertugas pengamanan minimal 4 titik berbeda dengan sektor pengawasan yang berbeda pula.

“Bahwa kegiatan yang dilakukan ini, merupakan usaha dari kita sebagai anggota Babinsa untuk terus menjalin kebersamaan dan kerjasama dengan warga yang ada di Wilayah Binaan. “Namun yang paling penting ialah untuk meringankan beban warga,” ucapnya.

“Membantu meringankan beban masyarakat merupakan tugas dan tanggung-jawab kita sebagai seorang Aparat Teritorial, oleh karena itu anggota harus selalu sigap dan tanggap atas kesulitan yang dihadapi masyarakat di Wilayah Binaan,” tegas Wadanramil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *