TMMD Satukan Elemen Dorong Akselerasi Pembangunan

JAKARTA, trisulanews.com
Ada hal menarik dan penting yang patut diketahui dalam pelaksanaan TMMD ke 101 yang baru saja usai dilaksanakan. Hal menarik itu dapat diketahui saat Mayjen TNI Hartomo Danpusterad memaparkan makna positif TMMD pada Rakornis TMMD ke 102 yang berlangsung di Balai Sudirman (8/5) kemarin.

Saat itu Danpusterad mengungkapkan terdapat hal strategis yang terimplementasikan saat 30 hari pelaksanaan program TMMD 101 yang berlangsung di 15 Kodam di Nusantara.

Secara garis besar Danpusterad menjelaskan, bahwa TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah upaya menjaga keutuhan dan kesatuan rakyat dan berbagai elemen bangsa yang ada.

Apa yang diutarakan Danpusterad setidaknya dapat dipahami bahwa TMMD merupakan upaya strategis mendekatkan TNI dengan rakyat dan elemen bangsa lainnya. Setidaknya hal ini dapat dikatakan TMMD adalah upaya serbuan teritorial TNI yang bertujuan mengikat keberagaman budaya, adat serta perbedaan lainnya.

Seperti yang dilansir dari materi paparan Pusterad yang menguraikan manfaat dan hal penting yang terjadi pada pelaksanaan TMMD ke 101 kemarin, yaitu : Selain selaras dengan Program Nawacita, TMMD tentunya akan meningkatkan pelibatan TNI dimasa yang akan datang ; 2. Terjalinnya kerjasama (MoU) dengan instansi serta elemen bangsa lainnya; 3. TMMD merupakan parameter keberhasilan tupoksi Binter (tidak ada konflik, terwujud kemanunggalan TNI dengan Rakyat serta terwujudnya daerah pangkal perlawanan;

Selanjutnya, 4. Barometer Kesiapan Satkowil dalam melaksanakan program Binter. Perlu keterpaduan dengam seluruh komponen melalui Serter; 5. Terciptanya rumusan kebijakan TMMD 3 kali/ tahun yang mengikat antara Satkowil dan Pemda terkait rumusan perimbangan alokasi anggaran dan metode Binter yang solid; 6. Terjadi peningkatan SDM Apkowil melalui sinergitas Sterad/Pusterad/Sperad/Kodam melalui pemberdayaan Pusdikter dan Dodikbelneg.

Hal yang tidak kalah penting lainnya, TMMD merupakan Giat Lintas sektoral yang mendorong Akselerasi pembangunan, memberdayakan Wilhan secara dini dan membantu tugas Pemda. (ef/dbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *