Kapuskersin TNI Terima Delegasi NDC Nigeria

JAKARTA, trisulanews.com – Kepala Pusat Kerjasama Internasional (Kapuskersin) TNI Laksamana Pertama (Laksma) TNI Tatit Eko Witjaksono, S.E., M.Tr. (Han) menerima kunjungan Delegasi National Defense College (NDC) Nigeria yang dipimpin Yang Mulia Dr. Chijioke Wilcox Wigwe di Ruang Rapat Itjen TNI, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Dalam kesempatan itu Kapuskersin TNI menyampaikan bahwa kunjungan delegasi NDC Nigeria ke Mabes TNI dapat saling memberikan informasi tentang perkembangan situasi regional sebagai pengetahuan umum dan menambah wawasan serta bertukar pandangan tentang kemungkinan peningkatan kerja sama antar angkatan bersenjata kedua negara.

Menurut Laksma TNI Tatit Eko Witjaksono secara geografis Indonesia dan Nigeria terletak cukup berjauhan, namun kedua negara telah lama menjalin hubungan bilateral yang sangat erat dan memiliki persamaan pandangan dalam berbagai masalah regional maupun internasional salah satunya  kerja sama militer kedua negara di bidang pendidikan.

Kapuskersin TNI juga menyampaikan bahwa dinamika keamanan di kawasan tumbuh sangat dinamis dan memiliki tantangan yang sangat kompleks untuk dihadapi khususnya isu terorisme dan keamanan nasional, oleh karena itu diperlukan adanya kerjasama antar negara untuk bersama-sama menciptakan situasi kawasan yang kondusif.

Konter Teroris

Terkait dengan Counter Terrorism and National Security di Indonesia Kapuskersin TNI menyampaikan paparan singkat tentang “Threat of Terrorism In Indonesia and The Role of TNI In Counter Terrorism”.

Kapuskersin TNI mengharapkan paparan tersebut dapat menambah pengetahuan dan lebih memahami tentang isu counter terrorism and national security di Indonesia serta peran TNI dalam membantu penanggulangan setiap permasalahan dan kasus terorisme yang terjadi.

Dalam kunjungan tersebut Ketua Delegasi Nigeria Yang Mulia Dr. Chijioke Wilcox Wigwe menyampaikan penghargaan dan mengucapkan terima kasih atas penyambutan kunjungan 26 orang delegasi dan siswa NDC Nigeria ke Mabes TNI.

Lebih lanjut Yang Mulia Dr. Chijioke Wilcox Wigwe menyampaikan bahwa tujuan dalam kunjungan ini adalah untuk mendengar langsung dan mempelajari pengalaman Indonesia dalam menanggulangi ancaman-ancaman global khususnya aksi terorisme yang terjadi akhir-akhir ini.

Hadir dalam pertemuan itu delegasi Indonesia antara lain Sespuskersin TNI, Kapokli Puskersin TNI, para Kabid Puskersin TNI dan para undangan lainnya. Sedangkan delegasi NDC Nigeria antara lain Brigjen Alade Islaq Adedigba, Dr. Terwaase Isaac Sampson, Commodore Preston Erhiorin Efeduw dan Brigjen Musa Abdulrahman Obari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *